Frequently Ask Questions (FAQ)
Pertanyaan-pertanyaan (FAQ) berikut adalah hal yang seringkali muncul dari konsumen, mudah-mudahan dengan dimuatnya materi tersebut dapat membantu konsumen dalam memahami mekanisme kerja, etika, dan lain-lain berkaitan dengan produk kami. Namun bila ada hal spesifik yang belum jelas, kami tetap dengan senang hati menyediakan diri untuk menjawab secara personal via email yang kami sediakan berikut: cartoonservices4@gmail.com
__________________
Tanya: T
Jawab: J
__________________
T: Apa pentingnya sih kalau kita punya gambar karikatur wajah?
J: Persoalannya bukan soal penting atau tidak penting, tapi ini soal
taste (citarasa) yang beda. Gambar wajah yang dilukis lebih ganteng atau
lebih cantik dari wujud aslinya itu sih udah jamak dan umum banget.
Tapi seseorang yang “berani” atau “tampil” dengan goresan kartunis dalam
bentuk wajah dirinya yang dikarikaturkan, sungguh menduduki kelas yang
khusus dan beda banget deh, pokoknya.
T: Apa sih bedanya?
J: Bedanya macem-macem. Pertama, mungkin wajah itu tampil dengan
sedikit dijahili oleh si kartunis, tapi si pemilik wajah rela melihat
itu, bahkan kadang justru ketawa karena mungkin hidungnya agak
panjangan, matanya agak lebar, rambutnya semrawut banget dsb dsb-nya.
Kedua, di dalam gambar kita itu ada opini, misal bos kita bertubuh kecil
duduk di kursi eksekutif yang begitu besar; mungkin teman kita atau
bahkan kita sendiri kalau ngomong gak mau berhenti, nah si kartunis akan
memberi opini pada gambar itu orang yang lagi buka mulut lebar banget
dan di sampingnya ada rambu-rambu lalu lintas terompet bertanda silang
dan sebagainya. Ketiga, Anda boleh tampil sebagai apapun kagak ada yang
ngeributin karena tahu itu gambar kartun; misal Anda tampil sebagai sang
maharaja, sebagai pilot kapal terbang, sebagai pahlawan Rambo, sebagai
Superman, Batman dan sebagainya, semua orang yang lihat maklum aja.
T: O ya, tadi ada disebut, tarif yang ada itu berlaku untuk tiap wajah, bukan tiap gambar, kenapa?
J: Lha kalau, satu gambar isinya 10, 100, 1000 wajah, apa nggak gempor
itu jari dan tangan si kartunis; padahal tiap gambar wajah itu punya
kerumitan dan kesulitan yang khusus; kalau 10 wajah aja, maka
kesulitannya menjadi 10 kali lipat, nah bayangin aja. Jadi disarankan
satu frame untuk satu wajah, tapi kalau tak dapat mengelak, misal ama
pacar, suami istri, kakek-nenek dan sebagainya, yah apa boleh
buat...untuk yang begitu sama artinya dengan pesan dua gambar dalam satu
frame.
T: Berapa lama selesai tiap satu gambar yang kita pesan?
J: Dihitung dari kami terima email potret Anda dan verifikasi mengenai
data dan lain-lain beres, maka paling cepat adalah 7 hari dan paling
lambat 10 hari, gambar sudah rampung.
T: Kalau gambar sudah rampung terus gimana?
J: Kita kirim image dulu, jpeg resolusi rendah, tapi gambar Anda tampil
jelas. Kita tanya apa udah oke atau masih perlu ditambahin tulisan atau
lainnya. Nah, kalau Anda sudah oke, kita kirim “Original”-nya; yaitu
file Jpeg/psd A3 resolusi tinggi (300) ke atas, sehingga saat Anda
print tetap oke dan cling!
T: Soal pembayarannya gimana?
J: Kalau mengacu klausul 7 dan 8 “Cara Pemesanan” maka : Transfer dp maupun pembayaran kelengkapannya dikirim melalui Bank BCA Cabang Palmerah-Jakarta, rekening a.n DARMINTO dengan nomor: 2291195484. Namun bila Anda berada di luar Indonesia payment processor-nya dapat dibicarakan via email.
T: Maksudnya payment processor, apaan sih?
J: Alat pembayaran. Itu dapat dirundingkan via email, supaya sama-sama enak.
T: Maksudnya payment processor, apaan sih?
J: Alat pembayaran. Itu dapat dirundingkan via email, supaya sama-sama enak.
T: Melihat tarif itu kan untuk pesanan tunggal, gimana kalau pesanan agak banyak?
J: Pesanan 7 sampai 15 gambar sekaligus dapat potongan 5%. Pesanan 16
sampai 25 gambar sekaligus dapat potongan 7,5%, cukup menarik, kan?
T: Kalau pemesanan lewat manual gimana?
J: Sebenarnya oke-oke aja sejauh lokasinya gampang dijangkau. Kesulitan
terbesar adalah proses pembingkaian, pengepakan dan pengiriman gambar
(shipping). Kalau masih di Jawa, mungkin biayanya tidak terlalu besar;
tetapi kalau di luar Jawa, harus ekstra mahal dan pengepakkannya pun
juga harus benar-benar secure dan solid. Apalagi di luar negeri. Anda
tahu kan, kalau pesan manual, gambar pastinya harus di-frame/bingkai dan
pakai kaca doft segala, itu cukup rentan kalau salah pengoperasian,
kaca bisa pecah. Namun sejauh konsumen mau menanggung itu semua: dari
frame+kaca, pengepakan dan pengiriman (darat/laut/udara), kami mungkin
dapat membantu mewujudkannya. Tetapi, lagi-lagi konsekuensi pada durasi
waktu, jelas lebih lama karena harus melewati beberapa proses yang cukup
kompleks. Lain halnya...
T: Lain halnya gimana?
J: Lain halnya jika gambar dapat dikirim dalam bentuk kertas tergulung
dikemas dalam tabung, mungkin dari segi kepraktisannya kita dapat. Biaya
pengiriman pun tidak semahal ketika sudah dibingkai.
T: Kalau kita berada sekota dengan CartoonServices?
J: Anda bisa ambil sendiri, tetapi sebelumnya harus saling berkabar dulu supaya segala sesuatunya oke.
T: Kalau sebelum pesan, kita kirim email untuk tanya-tanya dulu, bisa nggak?
J: Why not? Tapi kalau pertanyaannya sudah terjawab di FAQ ini atau di
halaman lain, ya kita saranin baca-baca lagi...kecuali ada hal baru dan
kita belum sampai mengantisipasinya, gitu.
T: Eh, ngomong-ngomong apa kartunis-kartunisnya itu ngumpul di satu kota atau provinsi?
J: Namanya juga bisnis online, mereka itu ada yang tinggal di Jakarta,
Semarang, Kaliwungu (Kendal-Jateng), Bogor, Cisarua, Bandung, Medan,
Surabaya, Bali dan sebagainya; bahkan salah seorang dari mereka sedang
ngurus visa untuk satu tahun tinggal di Belanda. Tapi kami langsung
sigap berkomunikasi bila Tuan-tuan dan Puan-puan membutuhkan daripada
jasa kami, don't worry-lah pokoknya.
T: Oke, untuk sementara udah ada gambaran lumayanlah buat kita-kita. Lho, Mas, kok nggak ada suaranya?
Jika ada yang masih penasaran, dipersilakan klik link INI!
Leave a Reply